Minggu, Januari 01, 2017

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXXIX (12.2016)

Senin, 12 Desember 2016 | 13 Rabi'ul Awwal 1438
[Libur Hari Maulid Nabi Muhammad SAW]

Selasa, 13 Desember 2016 | 14 Rabi'ul Awwal 1438
[Savoy Homann Bidakara Hotel: 19.00-21.00] Menyajikan materi "Pedoman Umum Pelaksanaan PUG Bidang Pendidikan di Daerah" kepada peserta Seminar Nasional PUG Bidang Pendidikan di Provinsi Jawa Barat.

Rabu, 14 Desember 2016 | 15 Rabi'ul Awwal 1438
[Hotel Akmani Jakarta: 09.00-15.30] Mewakili pimpinan pada Deseminasi Hasil Pemetaan Data Perlindungan Anak dari Kekerasan dan Eksploitasi di Prov. Jawa Tengah, Prov. Jawa Timur, Prov. DI Yogyakarta, Prov. Sumatera Utara, dan Prov. Lombok Barat.  

Kamis, 15 Desember 2016 | 16 Rabi'ul Awwal 1438
[Izin Takziah Wafatnya Adik Sepupu]

Jum'at, 16 Desember 2016 | 17 Rabi'ul Awwal 1438
[Desk Subbag Informasi: 08.00-11.00] Menyusun konsep situs resmi Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) Tahun 2017 > http://rnpk.kemdikbud.go.id
[Desk Subbag Informasi: 13.00-15.00] Menyusun konsep layanan media informasi, registerasi, distribusi, aplikasi, sosial, dan SMS #RNPK2017.

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXXVII (11.2016)

Senin, 28 November 2016 | 28 Safar 1438
[Desk Subbag Informasi: 08.00-12.00] Merekapitulasi data Disposisi, Surat Undangan, Surat Tugas, dan Surat Keluar di Subbag Informasi periode September 2015 s.d. November 2016.

Selasa, 29 November 2016 | 29 Safar 1438
[Halaman Kemendikbud: 07.30-08.30] Bersama Pejabat dan Staf Kemendikbud mengikuti Upacara Hari Guru Nasional.
[Desk Informasi: 09.00-17.00] Menyusun instrumen Pemantauan dan Evaluasi Kebermanfaatan DAK Fisik SD/SDLB TA 2015 (F1).

Rabu, 30 November 2016 | 1 Rabi'ul Awwal 1438
[Desk Informasi: 09.00-17.00] Menyusun instrumen Pemantauan dan Evaluasi Kebermanfaatan DAK Fisik SMP/SMPLB TA 2015 (F2), DAK Fisik SMA TA 2015 (F3) dan DAK Fisik SD/SDLB TA 2016 (F4).

Kamis, 1 Desember 2016 | 2 Rabi'ul Awwal 1438
[Golden Phoenix Ballroom, Merlynn Park Hotel: 09.00-16.30] Menghadiri Temu Koordinasi Pengarusutamaan Gender (PUG) Kementerian/Lembaga Tahun 2016.

Jum'at, 2 Desember 2016 | 3 Rabi'ul Awwal 1438
[Desk Subbag Informasi: 08.00-10.00] Menyusun draft dan finalisasi surat permohonan Data Susenas Model Bansos 2014 kepada BPS.

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXXVI (11.2016)

Ahad, 20 November 2016 | 20 Safar 1438
[Batik Air #ID7773: 06.05 WIB-11.35 WITA] Penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta (HLP) ke Bandara Internasional Pattimura Ambon (AMQ).

Senin, 21 November 2016 | 21 Safar 1438
[Room 107 Wisma Handayani LPMP Prov. Maluku: 09.00-15.00] Menyusun Panduan Pemantauan dan Evaluasi Capaian Fisik dan Realisasi Anggaran DAK Bidang Pendidikan Tahun 2016.

Selasa, 22 November 2016 | 22 Safar 1438
---

Rabu, 23 November 2016 | 23 Safar 1438
[Batik Air #ID7770: 12.25-13.55] Penerbangan dari Bandara Internasional Pattimura Ambon (AMQ) ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta (HLP).

Kamis, 24 November 2016 | 24 Safar 1438
[Rusid Staf Ahli A-2: 09.00-11.30] Bersama Staf Ahli, Pimpinan, Tim STKIP Muhammadiyah Sorong, dan Tim UNICEF Indonesia membahas Kurikulum Pendidikan Kecakapan Hidup di Provinsi Papua dan Papua Barat.
[Rusid Setjen C-2: 16.00-17.30] Bersama Pimpinan membahas tindak lanjut penyusunan draft Juknis Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Pendidikan Tahun 2017. 

Jum'at, 25 November 2016 | 25 Safar 1438
[Halaman Kemendikbud: 07.30-08.30] Bersama Pejabat dan Staf Kemendikbud mengikuti Upacara Hari Guru Nasional.

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXXV (11.2016)

Senin, 14 November 2016 | 14 Safar 1438
[Ruang Jayakarta, Hotel Sari Pan Pacific Jakarta: 09.00-14.00] Mewakili pimpinan dalam Lokakarya "Strategi Pencegahan Perkawinan Anak melalui Sinergi Kegiatan Lintas Kementerian/Lembaga dan Organisasi Masyarakat di Indonesia" yang diselenggarakan oleh Sekretariat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
[Desk Subbag Informasi: 16.00-18.00] Menyusun pedoman kegiatan "Koordinasi dan Penyusunan Informasi PUG Kemendikbud Tahun 2016".

Selasa, 15 November 2016 | 15 Safar 1438
[Desk Subbag Informasi: 08.00-12.00] Melanjutkan penyusunan pedoman kegiatan "Koordinasi dan Penyusunan Informasi PUG Kemendikbud Tahun 2016" dan surat-surat kelengkapan administrasinya.
[Rusid 702 BPKLN C-7: 13.00-17.00] Bersama pimpinan membahas: 1) Agenda Kinerja Janji Presiden/Wakil Presiden 2016, 2) Evaluasi Kinerja DAK 2016 dan Rencana DAK 2017, dan 3) Pemanfaatan NPD (Neraca Pendidikan Daerah) bersama Deputi I KSP, dan Tim PASKA Kemendikbud.

Rabu, 16 November 2016 | 16 Safar 1438
[Desk Subbag Informasi: 08.00-10.00] Mempelajari Indikator Hak atas Pendidikan (The Right to Education), Komentar Umum Nomor 13.

[Desk Subbag Informasi: 13.00-15.00] Mempelajari Rencana Aksi Keterbukaan Pemerintah (OGI) Tahun 2016-2017.
[Dieng Room, Kartika Chandra Hotel: 19.30-21.30] Mengikuti sesi pembukaan dan pengarahan serta sesi 1) Kinerja Pendidikan Prov. Bengkulu pada kegiatan "Sosialisasi Hasil-hasil Pendayagunaan Data" 

Kamis, 17 November 2016 | 17 Safar 1438
[Dieng Room, Kartika Chandra Hotel: 08.00-12.30] Mengikuti sesi 2) Naskah Akademik Statistik Kebudayaan, 3) Analisis Partisipasi Kebudayaan, 4) Analisis SDM Dikdasmen, dan 5) Profil Pendidikan 2015-2016.
[Dieng Room, Kartika Chandra Hotel: 14.00-17.30] Mengikuti sesi 6) Pendidikan Inklusi SMP di Indonesia dan 7) Profil Kebudayaan Indonesia.
[Dieng Room, Kartika Chandra Hotel: 19.30-21.00] Mengikuti sesi 8) Pemanfaatan Dapodik dengan Aplikasi Penelusuran Data, dan sesi penutupan kegiatan "Sosialisasi Hasil-hasil Pendayagunaan Data"

Jum'at, 18 November 2016 | 18 Safar 1438
[Desk Subbag Informasi: 09.00-11.00] Menyusun data arsip disposisi surat masuk, surat keluar, surat undangan, dan surat tugas periode Oktober 2015 sampai dengan November 2016.
[Rusid Bagian KEP C-7: 15.00-17.00] Bersama pimpinan dan staf membahas "Metode Evaluasi Rencana Strategis Unit Utama (Eselon 1) dan Satuan Kerja (Eselon 2) di Lingkungan Kemendikbud".

Sabtu, November 12, 2016

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXXIV (11.2016)

Senin, 7 November 2016 | 7 Safar 1438
[Desk Subbag Informasi: 08.00-12.00] Mengumpulkan dan merekapitulasi data capaian fisik dan serapan anggaran bantuan pemerintah untuk melengkapi laporan Workshop Pengumpulan dan Pengolahan Data Bantuan Pemerintah 2016.

Selasa, 8 November 2016 | 8 Safar 1438
[Desk Subbag Informasi: 08.00-09.00] Mengumpulkan bahan untuk paparan hasil Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan Perempuan dan Perlindungan Anak di Lingkungan Kemendikbud Tahun 2016.
[Rusid 601 BPKLN C-6: 14.00-17.00] Bersama tim membahas "Clearance bagi Siswa, Guru dan Tenaga Kependidikan SILN yang akan diberikan NISN dan NUPTK.

Rabu, 9 November 2016 | 9 Safar 1438
[Desk Subbag Informasi: 08.00-12.00] Menyusun paparan Hasil Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan Perempuan dan Perlindungan Anak di Lingkungan Kemendikbud Tahun 2016.

Kamis, 10 November 2016 | 10 Safar 1438
[Halaman Kemendikbud: 08.00-08.45] Bersama jajaran pejabat dan pegawai Kemendikbud mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan.
[Rusid Bagian KEP BPKLN C-7: 09.00-12.00] Menerima Tim Verifikasi Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2016 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA).
[Rusid 702 BPKLN C-7: 16.00-18.00] Bersama pimpinan membahas persiapan Rapat Koordinasi Pengendalian Pelaksanaan Program, Kegiatan, dan Anggaran Kemendikbud Tahun 2016.

Jum'at, 11 November 2016 | 11 Safar 1438
[Rusid Merapi-Semeru-Bromo, Hotel Ibis Jakarta Slipi: 19.30-22.00] Menghadiri sesi: 1) Pembukaan Rapat Koordinasi Pengendalian Pelaksanaan Program, Kegiatan, dan Anggaran Kemendikbud Tahun 2016, 2) Capaian Kinerja Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran Kemendikbud s.d. Triwulan III Tahun 2016 oleh Kabag KEP, 3) Evaluasi Capaian Kinerja Kemendikbud s.d. Triwulan III dan Strategi Percepatan Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran Tahun 2016 oleh Direktur Sistem Penganggaran, Ditjen Anggaran Kemenkeu, dan 4) Meningkatkan Kepatuhan Satker dalam Pelaporan Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Program dan Kegiatan Pendidikan dan Kebudayaan oleh Direktur Sistem dan Pelaporan Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan. Kedeputian Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan, Kementerian PPN/Bappenas. 

Sabtu, 12 November 2016 | 12 Safar 1438
[Rusid Merapi, Hotel Ibis Jakarta Slipi: 08.00-12.00] Memoderasi Sesi I Diskusi Kelompok II: 1) Program Pelestarian Budaya dan 2) Program Pembinaan dan Pengembangan Bahasa bersama Pembahas dari Bagrengar Setditjen Kebudayaan dan Bagrengar Set BPP Bahasa.
[Rusid Merapi, Hotel Ibis Jakarta Slipi: 14.00-17.00] Memoderasi Sesi II Diskusi Kelompok II: 1) Program Pelestarian Budaya dan 2) Program Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
[Rusid Merapi-Semeru-Bromo, Hotel Ibis Jakarta Slipi: 19.30-20.00] Merumuskan hasil Diskusi Kelompok I dan Kelompok II.
[Rusid Merapi-Semeru-Bromo, Hotel Ibis Jakarta Slipi: 20.15-21.45] Menghadiri sesi Penutupan Rapat Koordinasi Pengendalian Pelaksanaan Program, Kegiatan, dan Anggaran Kemendikbud Tahun 2016. 

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXXIII (11.2016)

Senin, 31 Oktober 2016 | 30 Muharram 1438
[Ruang Puntadewa, The 101 Jakarta Sedayu Darmawangsa MM-1: 08.00-12.00] Memberikan pengarahan kepada peserta dan memandu Lokakarya Aktivasi Dapodik SILN (Sekolah Indonesia di Luar Negeri).

Selasa, 1 November 2016 | 1 Safar 1438
[Desk Subbag Informasi: 08.00-14.00] Memutakhirkan Pedoman Workshop Pengumpulan dan Pengolahan Data Bantuan Pemerintah Tahun 2016.
[Rusid 701 BPKLN C-7: 16.00-17.00] Bersama pimpinan menerima audiensi anggota Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Indonesia.

Rabu, 2 November 2016 | 2 Safar 1438
[Desk Subbag Informasi: 08.00-09.00] Mereview surat undangan narasumber Workshop Pengumpulan dan Pengolahan Data Bantuan Pemerintah 2016.
[Desk Subbag Informasi: 10.00-12.00] Mereview RKA-KL Bagian KEP BPKLN Tahun 2017.
[Rusid 702 BPKLN C-7: 16.00-19.00] Bersama pimpinan membahas: 1) Laporan capaian kinerja RKA-K/L 2016 berdasarkan PMK 249 Tahun 2011 dengan menggunakan aplikasi SMART & Format B.19 dan 2) Perkembangan capaian target fisik/output prioritas.

Kamis, 3 November 2016 | 3 Safar 1438
[Desk Subbag Informasi: 08.00-10.00] Mereview dan merevisi Pedoman dan Draft Laporan Panitia Workshop Pengumpulan dan Pengolahan Data Bantuan Pemerintah 2016.
[Ruang Bali A-2: 16.00-17.30] Bersama pimpinan membahas kesiapan konten dan infrastruktur Operation Room Kemendikbud.

Jum'at, 4 November 2016 | 4 Safar 1438
[Room 316, Padjadjaran Suites Hotel & Conference Bogor: 15.00-18.00] Menyusun bahan paparan "Kebijakan Bantuan Pemerintah 2016 dari Kemendikbud".
[Bale Rancage 1-2, Padjadjaran Suites Hotel & Conference Bogor: 19.30-21.30] Melaporkan kegiatan Workshop Pengumpulan dan Pengolahan Data Bantuan Pemerintah 2016 dan memaparkan Kebijakan Bantuan Pemerintah 2016 dari Kemendikbud.
[Room 316, Padjadjaran Suites Hotel & Conference Bogor: 22.00-24.00] Menyusun 3 draft RAB Pengembangan SDM bidang: 1) Analisa Kebijakan Publik, 2) Perencanaan, Monitoring dan Evalusi Program, dan 3) Sistem Manajemen Dokumen.

Sabtu, 5 November 2016 | 5 Safar 1438
[Bale Rancage 1-2, Padjadjaran Suites Hotel & Conference Bogor: 08.00-15.00] Mengikuti sesi: 1) Realisasi Bantuan Pemerintah 2016 dari Ditjen Kebudayaan, 2) Realisasi Bantuan Pemerintah 2016 dari Ditjen PAUD dan Dikmas, 3) Realisasi Bantuan Pemerintah 2016 dari Ditjen Dikdasmen, dan 4) Realisasi Bantuan Pemerintah 2016 dari Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan.
[Room 316, Padjadjaran Suites Hotel & Conference Bogor: 16.00-18.00] Menyusun bahan paparan "Capaian Fisik dan Realisasi Anggaran Bantuan Pemerintah 2016 Kemendikbud".

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXXII (10.2016)

Senin, 24 Oktober 2016 | 23 Muharram 1438
[Ruang Rapat SS 1-2 Bappenas: 09.00-12.00] Mewakili pimpinan membahas Gasil Sementara Gender Stocktaking dalam Seminar Awal Kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Stranas PPRG.
[Rusid Bagian KEP C-7: 14.00-15.30] Bersama staf Subbagian Informasi membahas rencana kegiatan Subbagian Informasi bulan November 2016.

Selasa, 25 Oktober 2016 | 24 Muharram 1438
[Desk Subbag Informasi: 08.00-12.00] Menyusun Pedoman Workshop "Knowledge Management Planning and Implementation in Practice" di Kota Batam.
[Rusid 601 BPKLN C-6: 16.00-17.30] Bersama Tim SILN, Tim Atdikbud, Tim PDSPK, dan Tim Dapodikdasmen berkoordinasi persiapan lokakarya aktivasi data pokok pendidikan SILN.

Rabu, 26 Oktober 2016 | 25 Muharram 1438
[Rusid Bagian KEP C-7: 10.00-12.00] Bersama pimpinan menjelaskan Renstra Kemendikbud 2015-2019 dan Renstra Terpadu Pendidikan dan Kebudayaan 19 K/L Tahun 2015-2019 kepada Tim Auditor BPK-RI.
[Rusid 702 BPKLN C-7: 15.30-18.00] Bersama pimpinan membahas Pagu Alokasi Anggaran BPKLN Tahun 2017.

Kamis, 27 Oktober 2016 | 26 Muharram 1438
[Desk Subbag Informasi: 08.00-14.00] Menyusun draft Pedoman Workshop Pengumpulan dan Pengolahan Data Bantuan Pemerintah Tahun 2016.

Jum'at, 28 Oktober 2016 | 27 Muharram 1438
[Citilink #QG9570: 08.45-10.30] Penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng Jakarta (CGK) ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam (BTH).
[Churchill Room, Biz Hotel Batam lantai 10: 15.00-22.00] Bersama staf mengikuti Workshop Knowledge Management Planning and Implementation Practice.

Sabtu, 29 Oktober 2016 | 28 Muharram 1438
[Room 906, Biz Hotel Batam: 08.00-12.00] Menyusun draft Kerangka Acuan Kerja/Term of Reference (KAK/TOR) Bagian Kebijakan dan Evaluasi Program Tahun 2017.

Minggu, 30 Oktober 2016 | 29 Muharram 1438
[Citilink #QG840: 06.20-08.05] Penerbangan dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam (BTH) ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng Jakarta (CGK).

Senin, Oktober 24, 2016

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXXI (10.2016)

Senin, 17 Oktober 2016 | 16 Muharram 1438
[OFF: Menghadiri Acara Keluarga]

Selasa, 18 Oktober 2016 | 17 Muharram 1438
[Rusid Utama Kemendikbud A-2: 09.00-10.00] Menghadiri Penandatanganan Nota Kesepahaman antara PT. Bank Tabungan Negara Tbk dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan di Lingkungan Kemendikbud.
[Desk Subbag Informasi: 13.00-17.00] Menilai SKP bulan September 2016 Staf Subbagian Informasi, Bagian KEP, Biro PKLN. 

Rabu, 19 Oktober 2016 | 18 Muharram 1438
[Garuda Indonesia #GA642: 07.15 WIB - 15.15 WITA] Penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng (CGK) ke Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie Palu (PLW) via (transit) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (UPG).
[Ballroom Hotel Mercure Palu: 20.00-23.00 WITA] Mengikuti sesi: 1) Kebijakan Ditjen PAUD dan Dikmas tentang Pengarusutamaan Gender, dan sesi 2) Arahan serta Pembukaan Temu Koordinasi Penyelenggaraan PUG Bidang Pendidikan.

Kamis, 20 Oktober 2016 | 19 Muharram 1438
[Ruang Sutan Raja, Hotel Sutan Raja Palu: 13.30-16.30] Menyajikan materi "Pedoman Umum Pelaksanaan PUG Bidang Pendidikan di Daerah" kepada Peserta Temu Koordinasi Penyelenggaraan PUG Bidang Pendidikan.

Jum'at, 21 Oktober 2016 | 20 Muharram 1438
[Batik Air #ID6231: 17.25 WITA - 20.35 WIB] Penerbangan dari Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie Palu (PLW) ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng (CGK) via (transit) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (UPG).

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXX (10.2016)

Senin, 10 Oktober 2016 | 9 Muharram 1438
[Rusid Bagian KEP BPKLN C-7: 09.00-12.00] Membahas KDA Itjen dan melengkapi dokumen administrasi, substansi dan produk kegiatan yang diperlukan ole Tim Auditor Itjen untuk penyelesaian hasil audit.
[Desk Subbag Informasi: 13.00-17.00] Memfinalisasi Laporan Pengumpulan Data dan Informasi PUG dan Pemberdayaan Perempuan di UPT Kemendikbud Tahun 2016.

Selasa, 11 Oktober 2016 | 10 Muharram 1438
[Desk Subbag Informasi: 08.00-10.00] Menilai Prestasi Kerja Staf Subbag Informasi bulan September 2016.
[Desk Subbag Informasi: 14.00-16.00] Mempelajari tahapan Pengisian dan Penilaian Kinerja PNS dengan SKP Online via: skp.sdm.kemdikbud.go.id. 

Rabu, 12 Oktober 2016 | 11 Muharram 1438
[Desk Subbag Informasi: 08.00-09.00] Menyusun draft format Log Harian Staf Subbag Informasi.
[Desk Subbag Informasi: 10.00-11.30] Pembagian Tugas Staf Subbag Informasi Berdasarkan Unit Utama Kemendikbud.
[Desk Subbag Informasi: 13.00-16.30] Menyusun desain Pelatihan Knowledge Management Planning and Implementation Practice di Kota Batam.

Kamis, 13 Oktober 2016 | 12 Muharram 1438
[Park Lane 8 Room, Hotel Park Lane: 13.00-17.15] Mengikuti Rapat Koordinasi Pengembangan Indeks Pembangunan Pemuda/Youth Development Index (IPP/YDI) yang diselenggarakan oleh Bappenas.

Jum'at, 14 Oktober 2016 | 13 Muharram 1438
[Ruang Aster lantai 2, LPMP Jakarta: 15.30-18.00] Mengikuti sesi: 1) "Pembukaan" Workshop Tunas Integritas Angkatan XVIII dan XIX oleh Irjen Kemendikbud, dan sesi 2) "Internalisasi Nilai Kemendikbud" dan "Manajemen Risiko" oleh Kabag Hukep Itjen Kemendikbud.
[Ruang Aster lantai 2, LPMP Jakarta: 19.30-21.30] Mengikuti lanjutan: sesi 2) "Internalisasi Nilai Kemendikbud dan Manajemen Risiko" oleh Kasubbag Kepegawaian Itjen Kemendikbud.

Sabtu, 15 Oktober 2016 | 14 Muharram 1438
[Ruang Aster lantai 2, LPMP Jakarta: 08.00-10.00] Mengikuti sesi: 3) "Makna Integritas" oleh Tim Pencegahan KPK.
[Ruang Aster lantai 2, LPMP Jakarta: 10.15-12.15] Mengikuti sesi: 4) "Program Pengendalian Gratifikasi" oleh Tim Pencegahan KPK.
[Ruang Aster lantai 1, LPMP Jakarta: 13.15-15.15] Mengikuti sesi: 5) "Konflik Kepentingan" oleh Kabag Umum Itjen.
[Ruang Aster lantai 1, LPMP Jakarta: 15.30-17.30] Mengikuti sesi: 6) "Pengendalian Fraud (Kecurangan)" oleh Inspektur Investigasi Itjen.
[Ruang Aster lantai 2, LPMP Jakarta: 19.30-21.30] Mengikuti sesi: 7) "Kebijakan Pengawasan" dan 8) "Penutupan" Workshop Tunas Integritas Angkatan XVIII dan XIX oleh Ses Itjen Kemendikbud.

Minggu, Oktober 09, 2016

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXIX (10.2016)

Senin, 3 Oktober 2016 | 2 Muharram 1438
[Halaman Kemendikbud: 07.30-08.00] Mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.
[Rusid Bagian KEP C-7: 08.30-12.00] Bersama pimpinan dan Tim TI Bagian KEP menyusun data Alokasi Pendidikan tahun 2010 s.d. 2015.
[Hotel Pitagiri Jakarta: 19.00-23.00] Memeriksa dokumen Laporan Keuangan dan Laporan Kegiatan Bagian KEP bulan Agustus s.d. September 2016.

Selasa, 4 Oktober 2016 | 3 Muharram 1438
[Rusid 702 BPKLN C-7: 07.30-09.00] Bersama pimpinan Coffee Morning membahas isu-isu penyerapan anggaran, kinerja dan program kerja 2017.
[Hotel Pitagiri Jakarta: 19.00-23.00] Melanjutkan pemeriksaan dokumen Laporan Keuangan dan Laporan Kegiatan Bagian KEP bulan Agustus s.d. September 2016.

Rabu, 5 Oktober 2016 | 4 Muharram 1438
[Bale Rancage 1-2, Padjadjaran Suites Resort & Conference Bogor: 19.45-20.15] Mengikuti pembukaan dan pengarahan Rapat Koordinasi Triwulan III Tahun Anggaran 2016 untuk unit-unit utama Kemendikbud dan satuan-satuan kerja Sekretariat Jenderal.
[Bale Rancage 1-2, Padjadjaran Suites Resort & Conference Bogor: 19.45-20.15] Memoderasi sesi "e-Monev" yang disajikan oleh Bappenas.

Kamis, 6 Oktober 2016 | 5 Muharram 1438
[Bale Rancage 1-2, Padjadjaran Suites Resort & Conference Bogor: 08.00-12.00] Mengikuti sesi "Pelaporan Triwulan III TA 2016 Satker Setjen melalui e-Monev" yang dipandu oleh Tim Bappenas.
[Bale Rancage 1-2, Padjadjaran Suites Resort & Conference Bogor: 13.30-17.00] Mengikuti sesi "Validasi Pelaporan Triwulan III TA 2016 Unit Utama Kemendikbud melalui e-Monev" yang dipandu oleh Tim Bappenas.

Jum'at, 7 Oktober 2016 | 6 Muharram 1438
[Bale Rancage 1-2, Padjadjaran Suites Resort & Conference Bogor: 08.00-09.30] Mengikuti sesi "Pengarahan Tindak Lanjut dan Penutupan Pelaporan Triwulan III TA 2016".

Minggu, Oktober 02, 2016

SIMTRADA


Sistem Pemantauan Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran Dana Transfer ke Daerah (DAK) bidang Pendidikan atau disingkat SIMTRADA adalah aplikasi berbasis web yang dikembangkan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 99 Tahun 2013 tentang Tata Kelola TIK di Lingkungan Kemendikbud dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 241/PMK.07/2014 tentang Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Transfer ke Daerah dan Dana Desa, khususnya pasal 16, 21, 22, dan 24 tentang Pelaporan Realisasi Penyerapan DAK Fisik dan DAK Non Fisik bidang Pendidikan.

Informasi grafis dan numeris yang disajikan pada web SIMTRADA |simtrada.kemdikbud.go.id| adalah agregasi data realisasi pelaksanaan DAK yang dilaporkan oleh 34 pengelola DAK di dinas pendidikan provinsi dan 514 pengelola DAK di dinas pendidikan kabupaten/kota melalui aplikasi pelaporan realisasi: 1) BOP PAUD yang dikelola oleh Ditjen PAUD dan Dikmas; 2) BOS SD, SMP, SMA, dan SMK serta DAK SD yang dikelola oleh Ditjen Dikdasmen; dan 3) TPG dan Tamsil yang dikelola oleh Ditjen GTK. Selanjutnya melalui mekanisme integrasi layanan web, SIMTRADA menarik data dari pangkalan data aplikasi pelaporan realisasi DAK bidang Pendidikan di lingkungan Kemendikbud.

Pada saat ini SIMTRADA dalam kondisi siap integrasi data dan akan dipergunakan untuk memantau realisasi pelaksanaan DAK Fisik dan DAK Non Fisik bidang Pendidikan Triwulan IV Tahun 2016 sampai di tingkat kabupaten/kota. Kedepan SIMTRADA akan disesuaikan dengan DAK Fisik dan DAK Non Fisik Tahun 2017, difasilitasi modul integrasi data dengan aplikasi pelaporan realisasi DAK Fisik yang dikelola oleh Ditjen Perimbangan Keuangan (DJPK) Kemenkeu, dan fitur pengingat (reminder) pemutakhiran data secara otomatis untuk semua kepala dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota melalui mekanisme email dan SMS.

SIMPROKA


Sistem Pemantauan dan Pengendalian Luaran Program dan Kegiatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau disingkat SIMPROKA adalah aplikasi berbasis web yang dikembangkan untuk mendukung fungsi pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan, rencana, program, kegiatan, dan anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta kerja sama luar negeri oleh Sekretariat Jenderal Kemendikbud sebagaimana disebutkan pada pasal 10 ayat (g) Permendikbud Nomor 11 Tahun 2015 tentang Organisasi Tata Kelola Kemendikbud.

SIMPROKA dikembangkan untuk membantu Kemendikbud dalam memantau dan mengendalikan seluruh luaran program dan kegiatan dari 386 satuan kerja Kemendikbud di pusat, daerah dan luar negeri, berdasarkan Format B.19 Permendiknas No. 38 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Permendiknas Nomor 18 Tahun 2011 tentang Koordinasi dan Pengendalian Program di Lingkungan Kemendiknas. Selain untuk memantau dan mengendalikan luaran program dan kegiatan kementerian, SIMPROKA juga digunakan untuk memantau dan mengendalikan luaran atau capaian: 

  1. Rencana Aksi Nasional (RAN), seperti RAN Janji Presiden dan Wakil Presiden; dan RAN Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM);
  2. Indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), seperti Goal 1: Tanpa Kemiskinan; Goal 2: Tanpa Kelaparan; Goal 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera; Goal 4: Pendidikan Berkualitas; dan Goal 5: Kesetaraan Gender; dan
  3. Indikator Rencana Strategis Kemendikbud 2015-2019 secara real-time maupun berkala.

Informasi numeris dan grafis yang disajikan pada web SIMPROKA |simproka.kemdikbud.go.id| berasal dari olahan data capaian luaran program dan kegiatan yang dimutakhirkan oleh para operator satker pusat, daerah dan luar negeri secara daring melalui aplikasi Sistem Akuntansi Satker (SAS). Selain itu, SIMPROKA juga telah terintegrasi dengan SIMKEU Kemendikbud |molk.kemdikbud.go.id| melalui fasilitas single sign on (SSO). 

Pada saat ini SIMPROKA telah digunakan untuk memantau capaian luaran program dan kegiatan satker-satker Kemendikbud per-triwulan. Kedepan SIMPROKA akan dikembangkan melalui sinkronisasi pemantauan berdasarkan 1) Peraturan Menteri Keuangan No. 249 Tahun 2011 tentang Pengukuran dan Evaluasi Kinerja atas Pelaksanaan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian; dan 2) Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan serta persandingan data SP2D yang bersumber dari SPAN Kemenkeu dengan data SPM yang bersumber dari SAS Satker Kemendikbud.

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXVIII (09.2016)

Senin, 26 September 2016 | 25 Dzulhijjah 1437
[Rusid Biro Hukor C-10: 10.00-12.00] Membahas usulan Rencana Aksi Nasional (RAN) HAM Tahun 2017 bidang Pendidikan dan Kebudayaan.
[Desk Subbag Informasi: 14.00-17.00] Menghitung beban kerja untuk Sasaran Kerja Pegawai (SKP) staf Sub Bagian Informasi, Bagian Kebijakan dan Evaluasi Program BPKLN Tahun 2016.

Selasa, 27 September 2016 | 26 Dzulhijjah 1437
[Desk Subbag Informasi: 08.00-12.00] Menganalisis beban kerja untuk Sasaran Kerja Pegawai (SKP) staf Sub Bagian Informasi, Bagian Kebijakan dan Evaluasi Program BPKLN Tahun 2016.
[Rusid 207 BPKLN C-7: 15.30-18.00] Membahas 1) Laporan capaian target B.09 Aksi Janji Presiden/Wakil Presiden Tahun 2016 sesuai format F8K, 2) Lokus sebaran pelaksanaan kegiatan/penerimaan manfaat.

Rabu, 28 September 2016 | 27 Dzulhijjah 1437
[Rusid PEPP Bappenas: 08.30-09.30] Bersama Tim IT BPKLN dan Tim IT PEPP Bappenas merancang mekanisme integrasi data SIMPROKA Kemendikbud dengan e-Monev Bappenas.
[Rusid Puri Asri 1, Hotel Le Meridien Jakarta: 10.00-12.00] Mengikuti dan menyampaikan sambutan Kemendikbud pada acara Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Revolusi Data untuk Pembangunan (Data Revolution for Development) antara Research Triangle Institute (RTI) International dengan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dan Kabupaten Sragen.
[Desk Subbag Informasi: 13.00-18.00] Menilai dan menghitung realisasi Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Sub Bagian Informasi.
[Meeting Room, Falatehan Hotel L-7: 19.30-21.00] Bersama Tim Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) membahas Pengelolaan Website KNIU.

Kamis, 29 September 2016 | 28 Dzulhijjah 1437
[Rusid Seminar 1 Pustiknas Kemenkominfo L-4: 09.00-12.00] Bersama Biro Perencanaan Kemenkominfo, Pustekkom Kemendikbud, PDSPK Kemendikbud, BKLM Kemendikbud, dan BPKLN Kemendikbud membahas "Sasaran Nasional Dimensi Pembangunan Manusia di Sektor Pendidikan".
[Rusid 702 BPKLN C-7: 13.30-15.30] Bersama pimpinan berkoordinasi internal untuk merencanakan Program dan Kegiatan Tahun Anggaran 2017.
[Desk Subbag Informasi: 15.30-17.00] Menyelesaikan penilaian dan penghitungan realisasi Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Sub Bagian Informasi.
[Rusid Milan 1 Hotel Agria Gino Feruci Bogor: 20.00-22.00] Bersama Tim Kemenkumham, Biro Hukor dan BPKLN memantau capaian B09 "Rencana Aksi Nasional (RAN) Hak Azasi Manusia (HAM) bidang Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016". 

Jum'at, 30 September 2016 | 29 Dzulhijjah 1437
[Rusid Milan 1 Hotel Agria Gino Feruci Bogor: 08.00-11.00] Bersama Tim Kemenkumham, Biro Hukor dan BPKLN menajamkan "Rencana Aksi Nasional (RAN) Hak Azasi Manusia (HAM) bidang Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017".