Jumat, Desember 05, 2008
Jurnal-ku: Minggu LXXVII (12.2008)
Senin, 1 Desember 2008 | 4 Dzulhijjah 1429
[Wijaya Kusuma 11: 06.30-09.00] Memverifikasi Daftar 884 nodes dan merevisi Dokumen Teknis
Jardiknas Zona Kantor 2009: [1] Balai Bahasa 18 nodes, [2] Balai Pengembang PNF 7 nodes, [3] Balai Tekkom 19 nodes, [4] BPKB 16 nodes, [5] BPPLSP 7 nodes, [6] Depdiknas Pusat 13 nodes, [7] Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota 499 nodes, [8] Dinas Pendidikan Provinsi 34 nodes, [9] ICT Center 128 nodes, [10] Kantor Bahasa 6 nodes, [11] LPMP 31 nodes, [12] Museum 10 nodes, [13] Perpustakaan 21 nodes, [14] PPPPTK (P4TK) 14 nodes, dan [15] Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) 61 nodes.
[Wijaya Kusuma 11: 18.30-21.00] Menyusun Daftar 428 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang akan menerima bantuan Server Penyedia Konten Pembelajaran pada tahun 2009: [1] Bali 9 servers, [2] Banten 5 servers, [3] Bengkulu 9 servers, [4] DI Yogyakarta 4 servers, [5] DKI Jakarta 5 servers, [6] Gorontalo 5 servers, [7] Jambi 10 servers, [8] Jawa Barat 24 servers, [9] Jawa Tengah 33 servers, [10] Jawa Timur 36 servers, [11] Kalimantan Barat 13 servers, [12] Kalimantan Selatan 12 servers, [13] Kalimantan Tengah 13 servers, [14] Kalimantan Timur 12 servers, [15] Kep. Bangka Belitung 6 servers, [16] Kep. Riau 7 servers, [17] Lampung 9 servers, [18] Maluku 8 servers, [19] Maluku Utara 7 servers, [20] NAD 22 servers, [21] NTB 8 servers, [22] NTT 18 servers, [23] Papua 19 servers, [24] Papua Barat 9 servers, [25] Riau 10 servers, [26] Sulawesi Barat 5 servers, [27] Sulawesi Selatan 22 servers, [28] Sulawesi Tengah 10 servers, [29] Sulawesi Tenggara 10 servers, [30] Sulawesi Utara 12 servers, [31] Sumatera Barat 18 servers, [32] Sumatera Selatan 14 servers, dan [33] Sumatera Utara 25 servers.
Selasa, 2 Desember 2008 | 5 Dzulhijjah 1429
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 12.30-13.30] Menyelesaikan slide Rencana Capaian Jardiknas 2006-2010.
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 16.30-17.30] Menyusun formasi Tim Jardiknas Pusat 2009 yang terdiri atas A. Manajemen: [1] Coordinator (CIO), [2] Super Administrator, [3] Sekretaris, [4] Call Center Coordinator, [5] Web Developer Coordinator, [6] HRM Coordinator, [7] Inventory Coordinator, [8] Security Marshall, [9] Technical Support Coordinator, [10] Pendamping Ahli, [11] Network Coordinator, dan [12] Pendamping Ahli | B. Administrator: [1] Mail Administrator, [2] SMS Gateway Administrator, [3] Web Administrator, [4] WAN Administrator, [5] LAN Administrator | C. Junior Staff: [1] Inventory Staff, [2] Junior HRM, [3] Junior Technical Support, [4] Junior Web Developer, [5] Security Guard, [6] WAN/LAN Staff | D. Specialist: [1] Database Specialist, [2] Multimedia Specialist, [3] Video Conference Operator, [4] Graphic Designer | E. Operator Call Center.
Rabu-Kamis, 3-4 Desember 2008 | 6-7 Dzulhijjah 1429
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 09.00-02.00+2] Menyusun daftar 17.500 sekolah penerima bantuan sewa bandwidth internet Jardiknas Zona Sekolah (SchoolNet) tahun 2009 melalui tahapan [1] verifikasi data sekolah terkoneksi ke internet via SchoolNet 2008: 4000 sekolah terkoneksi di bulan Oktober 2008, 7000 sekolah di bulan November 2008, dan 4000 sekolah terakhir di bulan Desember 2008. [2] pemilihan data 2500 sekolah yang akan dikoneksikan pada bulan Januari 2009, karena pada tahun 2008 program SchoolNet difokuskan kepada SMA dan sederajat sebagai bagian dari program internet gratis bagi SMA, SMK dan MA, maka pada tahun 2009 ini SchoolNet mulai diarahkan fokusnya ke SMP dan sederajat (SMP dan MTs). Prioritas diberikan kepada sekolah-sekolah yang memiliki rpmbongan belajar dan jumlah murid yang besar, dengan demikian diharapkan keberadaan SchoolNet akan memberi manfaat yang besar juga kepada sekolah tersebut. [3] pemilahan data sekolah menurut kelompokmasa perdana terkoneksi atau dialih administrasi sewa (dari sewa sekolah diubah menjadi sewa/tanggungan Depdiknas cq Pustekkom), kelompok A (Oktober 2008), Kelompok B (November 2008), Kelompok C (Desember 2008), dan D (Januari 2009). [4] penggabungan data 15000 dan 2500 yang disortasi sesuai masa awal koneksi (A/B/C/D), status sekolah (Negeri/Swasta) dan nama sekolah per-provinsi. [5] pemeriksaan akhir dan penghitungan ulang total data sekolah yang akan terkoneksi ke internet & Jardiknas via SchoolNet 2009, dan [6] mendistribusikan file daftar 17.500 sekolah kepada Tim Teknis Jardiknas 2009.
Jum'at, 5 Desember 2008 | 8 Dzulhijjah 1429
[RE Martadinata 39: 07.00-09.00] Memfinalisasi data 17.500 sekolah yang akan menerima bantuan sewa internet melalui skema SchoolNet 2009 dengan kuota per-provinsi: [1] Bali 315 sekolah, [2] Banten 770 sekolah, [3] Bengkulu 140 sekolah, [4] DI Yogyakarta 373 sekolah, [5] DKI Jakarta 1631 sekolah, [6] Gorontalo 48 sekolah, [7] Jambi 129 sekolah, [8] Jawa Barat 2361 sekolah, [9] Jawa Tengah 2006 sekolah, [10] Jawa Timur 4964 sekolah, [11] Kalimantan Barat 233 sekolah, [12] Kalimantan Selatan 280 sekolah, [13] Kalimantan Tengah 121 sekolah, [14] Kalimantan Timur 187 sekolah, [15] Kep. Bangka Belitung 140 sekolah, [16] Kep. Riau 52 sekolah, [17] Lampung 327 sekolah, [18] Maluku 94 sekolah, [19] Maluku Utara 70 sekolah, [20] NAD 232 sekolah, [21] NTB 261 sekolah, [22] NTT 140 sekolah, [23] Papua 65 sekolah, [24] Papua Barat 105 sekolah, [25] Riau 187 sekolah, [26] Sulawesi Barat 40 sekolah, [27] Sulawesi Selatan 518 sekolah, [28] Sulawesi Tengah 221 sekolah, [29] Sulawesi Tenggara 56 sekolah, [30] Sulawesi Utara 104 sekolah, [31] Sumatera Barat 351 sekolah, [32] Sumatera Selatan 140 sekolah, dan [33] Sumatera Utara 839 sekolah.
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 17.00-22.00] Mengunduh info tentang hotel, moda transportasi dan lokasi sholat Ied Adha 1429 di Sidney, kemudian menyusun Agenda Kegiatan Tim Pustekkom di 11th International Conference on Experiential Learning (ICEL): The Identity of Experience, Challenges for Experiential Learning di University of Technology Sydney, Australia. Kegiatan Tim efektif akan berlangsung selama 8-12 Desember 2008.
Rabu, Desember 03, 2008
A'tini al-Nay dan Sang Surya
A'tini al-Nay (Give me the flute) adalah syair karya Sang Pujangga Arab-Libanon termasyhur 'Kahlil Gibran' yang kemudian dinyanyikan oleh Sang Diva Arab-Libanon legendaris 'Fairuz' dan musiknya diaransemen begitu agung oleh Sang Maestro 'Najib Hankash'. Fairuz yang terlahir dengan nama Nouhad Haddad adalah seorang Kristen Maronit yang fasih melafalkan ayat-ayat suci Al-Qur'an sesuai tajwidnya ini selalu memikat siapapun yang memahami seni musik dan sastra arab klasik.
::
Pertama kali kudengar irama lagu A'tini al-Nay ini saat Muktamar Muhammadiyah ke-40 berlangsung di Surabaya pada tahun 1978 dan saat itu aku masih duduk di bangku SD Muhammadiyah 1 Denpasar, lagu yang diajarkan oleh Ibu Lestari ini hingga kini masih kuhafal dan insya-allah akan terus menjadi penyemangat batinku kapan saja dan dimana saja..
Lagu 'Sang Surya' yang liriknya ditulis oleh Bapak H. Djarnawi Hadikusumo ini hingga kini tetap menjadi Mars Muhammadiyah:
Mars Muhammadiyah
Sang surya telah bersinar
Syahadat dua melingkar
Warna yang hijau berseri
Membuatku rela hati
Ya Allah Tuhan Robbiku
Muhammad junjunganku
Al Islam agamaku
Muhammadiyah gerakanku
Reff
Di Timur fajar cerah gemerlapan
Mengusir kabut hitam
Menggugah kaum muslimin
Tinggalkan peraduan
Lihatlah matahari telah tinggi
Diufuk Timur sana
Seruan Illahi Robbi
Sami’na waatho’na
::
Kedua kali kudengar lagu A'tini al-Nay ini pada hari Sabtu tanggal 15 Desember 2007 di dalam gerbong kereta api eksekutif yang akan membawaku menemani Yang Mulia Duta Besar RI untuk Republik Arab Syria Bapak H.M. Muzammil Basyuni beserta ibu, putri beliau dan sahabatnya serta sekretaris pribadi beliau dari Kota Damascus ke Aleppo. Di Kota Aleppo itu - dalam cuaca yang sangat dingin - kami berziarah dan sholat di Makam Nabi Zakaria AS dan mengunjungi Benteng Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi.
A'tini al-Nay
Singer: Fairuz
Lyrics: Kahlil Gibran
Music: Najib Hankash
terjemahannya:
Give Me the Flute
Lyrics: Kahlil Gibran
Music: Najib Hankash
Give me the flute, and sing
immortality lies in a song
and even after we've perished
the flute continues to lament
have you taken refuge in the woods
away from places like me
followed streams on their courses
and climbed up the rocks.
Did you ever bathe in a perfume
and dry yourself with a light
drink the dawn as wine
rarefied in goblets of ether
give me the flute then and sing
the best of prayer is song
and even when life perishes
the flute continues to lament
have you spent an evening
as I have done
among vines
where the golden candelabra
clusters hang down
did you sleep on the grass at night
and let space be your blanket
abstaining from all that will come
forgetful of all that has passed
Give the flute then and sing
in singing is Justice for the heart
and even after every guilt
has perished
the flute continues to lament
give the flute and sing
forget illness and its cure
people are nothing but lines
which are scribbled on water.
::
A'tini al-Nay dan Sang Surya
keduanya adalah gairah untuk selalu..
mencintai dan mencerdaskan sesama
seperti yang diteladankan oleh kekasihku..
Rasulullah Muhammad SAW
::
Damascus, Dzulhijjah 1428 - Sidney, Dzulhijjah 1429
::
Pertama kali kudengar irama lagu A'tini al-Nay ini saat Muktamar Muhammadiyah ke-40 berlangsung di Surabaya pada tahun 1978 dan saat itu aku masih duduk di bangku SD Muhammadiyah 1 Denpasar, lagu yang diajarkan oleh Ibu Lestari ini hingga kini masih kuhafal dan insya-allah akan terus menjadi penyemangat batinku kapan saja dan dimana saja..
Lagu 'Sang Surya' yang liriknya ditulis oleh Bapak H. Djarnawi Hadikusumo ini hingga kini tetap menjadi Mars Muhammadiyah:
Mars Muhammadiyah
Sang surya telah bersinar
Syahadat dua melingkar
Warna yang hijau berseri
Membuatku rela hati
Ya Allah Tuhan Robbiku
Muhammad junjunganku
Al Islam agamaku
Muhammadiyah gerakanku
Reff
Di Timur fajar cerah gemerlapan
Mengusir kabut hitam
Menggugah kaum muslimin
Tinggalkan peraduan
Lihatlah matahari telah tinggi
Diufuk Timur sana
Seruan Illahi Robbi
Sami’na waatho’na
::
Kedua kali kudengar lagu A'tini al-Nay ini pada hari Sabtu tanggal 15 Desember 2007 di dalam gerbong kereta api eksekutif yang akan membawaku menemani Yang Mulia Duta Besar RI untuk Republik Arab Syria Bapak H.M. Muzammil Basyuni beserta ibu, putri beliau dan sahabatnya serta sekretaris pribadi beliau dari Kota Damascus ke Aleppo. Di Kota Aleppo itu - dalam cuaca yang sangat dingin - kami berziarah dan sholat di Makam Nabi Zakaria AS dan mengunjungi Benteng Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi.
A'tini al-Nay
Singer: Fairuz
Lyrics: Kahlil Gibran
Music: Najib Hankash
terjemahannya:
Give Me the Flute
Lyrics: Kahlil Gibran
Music: Najib Hankash
Give me the flute, and sing
immortality lies in a song
and even after we've perished
the flute continues to lament
have you taken refuge in the woods
away from places like me
followed streams on their courses
and climbed up the rocks.
Did you ever bathe in a perfume
and dry yourself with a light
drink the dawn as wine
rarefied in goblets of ether
give me the flute then and sing
the best of prayer is song
and even when life perishes
the flute continues to lament
have you spent an evening
as I have done
among vines
where the golden candelabra
clusters hang down
did you sleep on the grass at night
and let space be your blanket
abstaining from all that will come
forgetful of all that has passed
Give the flute then and sing
in singing is Justice for the heart
and even after every guilt
has perished
the flute continues to lament
give the flute and sing
forget illness and its cure
people are nothing but lines
which are scribbled on water.
::
A'tini al-Nay dan Sang Surya
keduanya adalah gairah untuk selalu..
mencintai dan mencerdaskan sesama
seperti yang diteladankan oleh kekasihku..
Rasulullah Muhammad SAW
::
Damascus, Dzulhijjah 1428 - Sidney, Dzulhijjah 1429
Kamis, November 27, 2008
Jurnal-ku: Minggu LXXVI (11.2008)
Senin, 24 November 2008 | 26 Dzulqa'dah 1429
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 09.00-12.00] Merevisi RAB beberapa TOR/RAB Jardiknas Pustekkom 2009.
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 13.00-17.00] Mengkaji integrasi sistem dan fisik Call Center Jardiknas di NOC Jardiknas Pustekkom Depdiknas Ciputat.
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 18.30-21.30] Memfinalisasi materi presentasi 'Kebijakan dan Agenda Nasional dalam Hal Resources Sharing di Perguruan Tinggi [Inherent/Jardiknas]'
Selasa, 25 November 2008 | 27 Dzulqa'dah 1429
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 09.00-10.00] Mencetak 18 TOR/RAB Jardiknas dan melengkapi data-data pendukungnya.
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 10.00-13.30] Menyusun Tabel Kumulatif Capaian Jardiknas tahun 2006-2009 dan menyusun draft TOR/RAB Pengembangan Aplikasi Penerimaan Siswa Baru (PSB) Online berbasis Free/Open Source System (FOSS).
[R. Rapat Komisi X DPR RI: 13.30-14.30] Bersama pimpinan dan staf Bidang TI, TK, TP, dan TU mendampingi Kapustekkom dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Penentuan Pagu Anggaran Satuan-satuan Kerja di jajaran Setjen Depdiknas dengan Komisi X DPR RI.
[R. Rapat Pustekkom, Depdiknas Gedung C Lantai 2: 15.00-16.30] Bersama Tim Perencanaan Pustekkom membahas dan menindaklanjuti keputusan Komisi X DPR RI memotong RKA-KL (Anggaran) Pustekkom 2009 sebesar Rp 10 M.
Rabu, 26 November 2008 | 28 Dzulqa'dah 1429
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 09.00-13.30] Merevisi TOR dan RAB - [1] Sewa Bandwidth Zona Sekolah (SchoolNet) dari 19.600 menjadi 17.500 sekolah, dan [2] Sewa Bandwidth Zona Personal (TeacherNet) dari 5.667 menjadi 6.000 guru - pasca pemotongan anggaran satker-satker Setjen Depdiknas oleh Komisi X DPR RI.
[R. Rapat Pustekkom, Depdiknas Gedung C Lantai 2: 15.00-16.30] Bersama Tim Jardiknas Pustekkom dan Tim Pakar Infrastruktur membahas dan scope of work Jardiknas Zona Kantor (884 nodes), Zona Perguruan Tinggi (363 nodes), Zona Sekolah/SchoolNet (17.500 nodes/sekolah), dan Zona Personal (6.000 nodes/guru).
Kamis, 27 November 2008 | 29 Dzulqa'dah 1429
[R. Rapat Utama, Grha Tama Pustekkom L-2: 09.30-10.30] Mengikuti rapat evaluasi sistem Manajemen Teknologi Informasi (MTI) Jardiknas bersama Tim Teknis Jardiknas, Tim Implementor MTI dan Tim Teknis Telkom.
[R. Rapat Madya, Grha Tama Pustekkom L-2: 10.30-13.30] Menulis notula rapat pembahasan layanan Jardiknas di luar masa kontrak sewa bandwidth dan kelengkapannya yang terjadi pada tahun 2007 dan 2008 yang dihadiri unsur pimpinan dan staf Pustekkom, Biro Umum, Biro PKLN, dan PT Telkom.
[R. Rapat Madya, Grha Tama Pustekkom L-2: 14.30-17.00] Bersama Tim Kecil (Pustekkom, Biro PKLN dan PT Telkom) menyusun surat-surat dan menyiapkan lampiran dokumen pendukung secara kronologis untuk proses penyelesaian layanan Jardiknas di luar masa kontrak sewa bandwidth dan kelengkapannya (Intranet & Internet) tahun 2007 dan 2008.
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 18.30-21.00] Melengkapi data-data pada slide Rencana Capaian Jardiknas 2006-2010.
Jum'at, 28 November 2008 | 1 Dzulhijjah 1429
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 09.00-11.30] Menyusun draft Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS) dan Dokumen Teknis (Doknis) pengadaan sewa bandwidth dan kelengkapannya untuk Jardiknas Zona [884] Kantor, Zona [363] Perguruan Tinggi/Inherent, Zona [17.500] Sekolah , dan Zona [6.000] Personal/Guru Tahun Anggaran 2009.
[RE Martadinata 39: 18.00-24.00] Melanjutkan Menyusun draft Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS) dan Dokumen Teknis (Doknis) pengadaan sewa bandwidth dan kelengkapannya untuk 4 Zona Jardiknas Tahun Anggaran 2009.
Sabtu-Minggu, 29-30 November 2008 | 2-3 Dzulhijjah 1429
[Meeting Room - Hotel Salak Heritage Bogor: 09.00-09.00+1] Bersama Tim Pakar, Tim Keuangan, Tim Perencanaan, Tim Lelang, dan Tim Jardiknas memfinalisasi RKS dan Dokumen Teknis (Doknis) pengadaan sewa bandwidth dan kelengkapannya untuk Jardiknas Zona [884] Kantor, Zona [363] Perguruan Tinggi/Inherent, Zona [17.500] Sekolah, dan Zona [6.000] Personal/Guru Tahun Anggaran 2009.
Walk 2 Work
Start
[2] disini aku biasa melanjutkan pekerjaan kantor sambil menonton televisi via notebook
[3] selalu ada nasi dan roti di pagi hari :)
[4] kusempatkan sarapan pagi dengan makan sepiring nasi dengan lauk secukupnya, minum segelas teh hangat dan segelas vitamin C untuk mengawali aktifitas yang pasti akan melelahkan sehari ini..
[5] ini beranda rumah kost-ku yang bersih, terkadang aku betah duduk-duduk disitu untuk menikmati angin malam yang sepoi-sepoi
[9] masih terus berjalan dari Selatan ke Utara..
[10] melintasi sebuah warung padang yang konon ayam bakarnya cukup lezat..
[11] ku terus berjalan di bahu jalan yang mulai dipadati kendaraan dari arah Utara
[10] melintasi sebuah warung padang yang konon ayam bakarnya cukup lezat..
[11] ku terus berjalan di bahu jalan yang mulai dipadati kendaraan dari arah Utara
[13] memasuki pintu gerbang Pustekkom
[14] kususuri pedestrian akses masuk ke Pustekkom, tampak pos keamanan di ujung sana..
[14] kususuri pedestrian akses masuk ke Pustekkom, tampak pos keamanan di ujung sana..
[15] kulewati pelataran parkir kendaraan dinas pejabat Pustekkom
[16] kuperlihatkan sejenak kemegahan dan keindahan eksterior Grha Tama Pustekkom
[16] kuperlihatkan sejenak kemegahan dan keindahan eksterior Grha Tama Pustekkom
[23] sampailah aku di kubik-ku, ini sudut kirinya
[24] ini sudut kanan kubik-ku, laci-laci di kanan bawah telah kupenuhi dengan ATK, dokumen program dan kegiatan serta beberapa mie instan dan juice kemasan untuk logistik jika kerja lembur hingga larut malam..
[24] ini sudut kanan kubik-ku, laci-laci di kanan bawah telah kupenuhi dengan ATK, dokumen program dan kegiatan serta beberapa mie instan dan juice kemasan untuk logistik jika kerja lembur hingga larut malam..
[25] disinilah (jika tak ada rapat di Ciputat atau di Senayan) kuhabiskan waktu untuk mengendalikan program nasional dan menyelesaikan tugas-tugas harian maupun insidental.
::
itulah rute-ku menuju Pustekkom setiap hari
cukup 7-9 menit
dari rumah kost sampai ke kubik-ku di Pustekkom
::
tak ada yang istimewa
tetapi aku menikmatinya
dari hari ke hari
::
Finish
::
itulah rute-ku menuju Pustekkom setiap hari
cukup 7-9 menit
dari rumah kost sampai ke kubik-ku di Pustekkom
::
tak ada yang istimewa
tetapi aku menikmatinya
dari hari ke hari
::
Finish
Jumat, November 21, 2008
Jurnal-ku: Minggu LXXV (11.2008)
Senin, 17 November 2008 | 19 Dzulqa'dah 1429
[Gedung Parkir L-5 , Gedung Dhanapala Depkeu: 11.15-22.00] Membahas draft RAB kegiatan: [1] Sewa Bandwidth Zona Sekolah, [2] Operasional dan Pemeliharaan Jardiknas, [3] Pengadaan Server Penyedia Konten Pembelajaran di 428 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, [4] Konsolidasi dan Integrasi Portal Resmi Pendidikan, [5] Penerapan Penggunaan Software Legal di Lingkungan Depdiknas (IGOS), [6] Peningkatan Sistem Kendali Jaringan, [7] Workshop Pemanfaatan Jardiknas di 33 Provinsi, [8] Standarisasi Interoperabilitas Data & Informasi, [9] Standarisasi Infrastruktur TIK, [10] Sertifikasi Keahlian TIK untuk Tim Jardiknas, [11] Sewa Bandwidth dan Kelengkapannya (Zona Kantor), [12] Sewa Bandwidth Zona Personal, [13] Sewa Bandwidth dan Kelengkapannya (Zona Perguruan Tinggi), dan [14] Pengadaan Perangkat Data Center bersama Tim Pembahas Dit Anggaran (DJA) 2 dan Tim Penyusun RKA-KL Pustekkom 2009.
Selasa, 18 November 2008 | 20 Dzulqa'dah 1429
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 08.30-15.00] Menindaklanjuti hasil pembahasan di DJA 2, men-split TOR/RAB kegiatan Konsolidasi dan Integrasi Portal Resmi Pendidikan menjadi kegiatan: [1] Sosialisasi Integrasi Laman di Portal Resmi Pendidikan, dan [2] Workshop Migrasi Domain Laman dan Surat Elektronik di Lingkungan Depdiknas. Juga memisahkan kegiatan Workshop Pemanfaatan Jardiknas di 33 Provinsi men-split men-split menjadi [3] Sosialisasi Pemanfaatan Jardiknas, dan [4] Workshop Pemanfaatan Jardiknas di 33 Provinsi.
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 15.30-23.00] Melanjutkan penyusunan 16 TOR/RAB Kegiatan Jardiknas 2009 bersama Tim Bidang TI.
Rabu, 19 November 2008 | 21 Dzulqa'dah 1429
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 09.00-18.00] Memfinalisasi 16 TOR/RAB Kegiatan Jardiknas 2009.
[R. Bagian Perencanaan Pustekkom: 18.30-21.30] Memverifikasi dan merevisi 16 TOR/RAB Kegiatan Jardiknas 2009 sesuai pagu anggaran program Pustekkom Depdiknas 2009 bersama Tim Penyusun RKA-KL Pustekkom 2009.
Kamis, 20 November 2008 | 22 Dzulqa'dah 1429
[Gedung Parkir L-5 , Gedung Dhanapala Depkeu: 09.15-15.00] Membahas satu-per-satu 16 TOR/RAB Kegiatan Jardiknas 2009 bersama Tim Pembahas DJA 2.
[Gedung Parkir L-5 , Gedung Dhanapala Depkeu: 15.00-18.00] Sesuai arahan Tim Pembahas, kami men-split kegiatan Penerapan Penggunaan Software Legal di Lingkungan Depdiknas (IGOS) menjadi: [1] Pelatihan OSS untuk Instruktur dan Sys Admin, [2] Migrasi (486 unit) PC dan Server, dan [3] Monitoring Pelaksanaan dan Pendampingan IGOS di lingkungan Depdiknas.
[Gedung Parkir L-5 , Gedung Dhanapala Depkeu: 19.00-22.00] Melanjutkan kegiatan pembahasan 18 TOR/RAB Kegiatan Jardiknas 2008 dan diakhiri dengan sejumlah catatan yang dapat segera disusulkan untuk melengkapi dokumen RKA-KL Pustekkom Depdiknas 2009.
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 23.30-24.00] Mencetak 18 TOR/RAB Kegiatan Jardiknas 2008.
Jum'at, 21 November 2008 | 23 Dzulqa'dah 1429
[Hotel Atlet Century Park: 08.00-11.00] Mengikuti Coffee Morning yang dihadiri oleh Kapustekkom, Karo PKLN, Karo Keuangan, Pejabat Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Publik (LPKK), Pejabat Direktorat Perbendaharaan Negara, dan Staf Pustekkom untuk membahas multiyears contract atau perpetual contract sewa bandwidth dan kelengkapannya untuk Jardiknas tahun anggaran 2009.
Jumat, November 14, 2008
Jurnal-ku: Minggu LXXIV (11.2008)
Senin, 10 November 2008 | 12 Dzulqa'dah 1429
[R. Sidang Kapustekkom, Grha Tama Pustekkom L-2: 14.00-18.00] Bersama Kapustekkom dan Tim Jardiknas membahas perkembangan terkini program-program Jardiknas: Helpdesk Jardiknas | Interkoneksi Server Penyedia Konten Pembelajaran Jardiknas | IT Governance | IT Master Plan | Jardiknas Zona Sekolah (SchoolNet) | Keamanan Jardiknas | LAN Depdiknas | Manajemen TI Jardiknas | NOC Jardiknas Pustekkom Ciputat | Penataan Laman & Aplikasi unit-unit utama di Depdiknas, dan Portal Jardiknas.
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 18.00-22.00] Menyusun draft TOR (1042) Pengembangan Sistem dan Pemeliharaan Infrastruktur Jaringan Online.
Selasa, 11 November 2008 | 13 Dzulqa'dah 1429
[R. Sidang Bidang TI Pustekkom: 10.00-12.00] Bersama PIC dan Tim Monev Jardiknas membahas Lokasi, Sasaran, Jadwal, Petugas, Pedoman Wawancara, dan Lembar Observasi Monev Jardiknas 2008.
[R. Sidang Kapustekkom, Grha Tama Pustekkom L-2: 14.30-17.30] Mengevaluasi capaian implementasi dan optimalisasi Jardiknas Zona Kantor, Zona Perguruan Tinggi, dan Zona Sekolah (SchoolNet) bersama Tim Telkom Solution dan Tim Jardiknas.
Rabu, 12 November 2008 | 14 Dzulqa'dah 1429
[RE Martadinata 39: 06.00-09.00] Menyusun draft 3 TOR: [1] Sewa bandwidth Zona Sekolah 12 bulan, [2] Operasional dan Pemeliharaan Jardiknas, dan [3] Pengadaan Server untuk Konten di 428 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
[R. Sidang Bidang TP Pustekkom: 09.30-12.30] Bersama Tim Monev Jardiknas, Pak Ucok dan Pak Iik dari Fakultas Ilmu Komputer UI me-review & merevisi instrumen Pedoman Wawancara dan Lembar Observasi Monev Jardiknas 2008.
[R. Sidang Grha Tama Pustekkom L-3: 13.00-13.30] Mengikuti sajian ELO (Electronic Leitz Ordner) Digital Office - Sistem Aplikasi Pengelolaan Dokumen Terintegrasi yang dipresentasikan oleh Tim Berca Hardya Perkasa.
[Lobby Grha Tama Pustekkom L-3: 13.30-13.45] Berkoordinasi dengan Tim Teknis SEAMOLEC untuk membahas kebutuhan koneksi SEA-EDUNET tahun 2009.
[R. Sidang Bidang TP Pustekkom: 13.45-15.30] Bersama Tim Monev Jardiknas, Pak Ucok dan Pak Iik dari Fakultas Ilmu Komputer UI me-review & merevisi instrumen Pedoman Wawancara dan Lembar Observasi Monev Jardiknas 2008.
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 15.30-17.30] Me-review materi presentasi Pustekkom: [1] Bimbel Online, [2] Diklat Bahasa Inggris Guru SD Sistem Jarak jauh, [3] e-dukasi.net, [4] e-Learning Award, [5] Jardiknas, [6] Multimedia Interaktif, [7] Optimalisasi Pemanfaatan Jardiknas dalam Mendukung Program Buku Murah, [8] Pendayagunaan ICT Menunjang Program S1-PGSD Jarak Jauh, [9] Pengembangan SDM Bidang TIK untuk Pendidikan, [10] Pusat Sumber Belajar (PSB), dan [11] Radio Edukasi.
[RE Martadinata 39: 19.30-23.30] Menyusun draft 17 Kerangka Acuan Kerja (KAK) / TOR Jardiknas.
Kamis, 13 November 2008 | 15 Dzulqa'dah 1429
[RE Martadinata 39: 06.00-08.00] Melanjutkan penyusunan draft TOR: [1] Sewa bandwidth Zona Sekolah - 12 bulan, [2] Operasional dan Pemeliharaan Jardiknas, [3] Pengadaan Server untuk Konten di 428 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, [4] Konsolidasi dan Integrasi Portal Resmi Pendidikan, [5] Penerapan Penggunaan Software Legal di Lingkungan Depdiknas (IGOS), [6] Peningkatan Sistem Kendali Jaringan, [7] Workshop Pemanfaatan Jardiknas di 33 propinsi, [8] Pelatihan SDM Pengelola, Pengembang Konten dan Pemanfaatan Jardiknas, [9] Koordinasi Antar Lembaga/Instansi Terkait Pengelola Jardiknas, [10] Pemberian Beasiswa D3 TKJ, [11] Standarisasi Interoperabilitas Data & Informasi, [12] Standarisasi Infrastruktur TIK, [13] Sertifikasi Keahlian TIK untuk Tim Jardiknas, [14] Sewa Bandwidth dan Kelengkapannya - Zona Kantor 12 bulan, [15] Sewa Bandwidth Zona Personal - 2 jam/hari | 25 hari/bulan | 10 bulan/tahun, [16] Sewa bandwidth dan kelengkapannya - Zona Perguruan Tinggi/INHERENT 12 bulan, dan [17] Pengadaan Perangkat Data Center.
[R. Sidang Kapustekkom, Grha Tama Pustekkom L-2: 09.30-11.00] Bersama Kapustekkom, Tim Konten Jardiknas dan Pak Robert Kayatoe (Business Strategy and Development Director PT Oracle Indonesia) membahas strategi implementasi program kolaborasi ThinkQuest di Jardiknas.
[R. Sidang Kapustekkom, Grha Tama Pustekkom L-2: 13.30-14.15] Bersama Kapustekkom, Tim Konten Jardiknas dan Pak Arya Sanjaya (Education Manager PT Intel Indonesia) membahas strategi implementasi program kolaborasi Skoool di Jardiknas.
[R. Sidang Kapustekkom, Grha Tama Pustekkom L-2: 14.15-15.30] Bersama Tim Teknis SEAMOLEC (Pak Khalid Mustafa, Pak Hafid, dan Pak Rahmad Setyadi) dan Tim Teknis Jardiknas Pustekkom membahas kebutuhan koneksi SEA-EDUNET yang pengadaan layanannya akan disatukan di dalam spesifikasi teknis Sewa Bandwidth Jardiknas dan Kelengkapannya tahun 2009.
[R. Sidang Kapustekkom, Grha Tama Pustekkom L-2: 15.30-17.00] Bersama Pak Achmad Affandi dan Pak Dwi membahas draft spesifikasi paket-paket lelang Pengadaan Sewa Bandwidth Jardiknas Zona Kantor (OfficeNet 884), Perguruan Tinggi (INHERENT 363), Sekolah (SchoolNet 27.297), dan Perorangan (TeacherNet 10.000).
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 18.00-20.00] Mengkompilasi data-data dukung untuk 17 TOR Kegiatan Jardiknas 2009.
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 20.30-22.00] Menyusun draft Rekomendasi Teknis Pustekkom untuk kebutuhan koneksi SEA-EDUNET yang diajukan oleh Tim Teknis SEAMOLEC.
Jum'at-Minggu, 14-16 November 2008 | 16-18 Dzulqa'dah 1429
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 08.00-16.00] Menyusun draft Rincian Anggaran Biaya (RAB) dan finalisasi TOR: [1] Sewa bandwidth Zona Sekolah - 12 bulan, [2] Operasional dan Pemeliharaan Jardiknas, [3] Pengadaan Server untuk Konten di 428 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, [4] Konsolidasi dan Integrasi Portal Resmi Pendidikan, [5] Penerapan Penggunaan Software Legal di Lingkungan Depdiknas (IGOS), [6] Peningkatan Sistem Kendali Jaringan, [7] Workshop Pemanfaatan Jardiknas di 33 propinsi, [8] Pelatihan SDM Pengelola, Pengembang Konten dan Pemanfaatan Jardiknas, [9] Koordinasi Antar Lembaga/Instansi Terkait Pengelola Jardiknas, [10] Pemberian Beasiswa D3 TKJ, [11] Standarisasi Interoperabilitas Data & Informasi, [12] Standarisasi Infrastruktur TIK, [13] Sertifikasi Keahlian TIK untuk Tim Jardiknas, [14] Sewa Bandwidth dan Kelengkapannya - Zona Kantor 12 bulan, [15] Sewa Bandwidth Zona Personal - 2 jam/hari | 25 hari/bulan | 10 bulan/tahun, [16] Sewa bandwidth dan kelengkapannya - Zona Perguruan Tinggi/INHERENT 12 bulan, dan [17] Pengadaan Perangkat Data Center.
Senin, November 03, 2008
Jurnal-ku: Minggu LXXIII (11.2008)
Minggu, 2 November 2008 | 3 Dzulqa'dah 1429
[RE Martadinata 39: 13.00-18.30] Menyusun masukan untuk Model Pusat Sumber Belajar (PSB) Berbasis TIK.
[GA 652: 23.30 WIB - 09.00 WIT] Penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng Banten ke Bandara Sentani Jayapura via Denpasar dan Timika, Papua.
Senin, 3 November 2008 | 4 Dzulqa'dah 1429
[R. Sidang Mahkota 1 - Hotel Mahkota, Jayapura: 19.30-20.30 WIT] Menyampaikan Sambutan Kapustekkom di pembukaan Workshop Koordinasi, Sosialisasi, Orientasi, dan Pelatihan Teknis Pengelolaan Jardiknas di Provinsi Papua.
Selasa, 4 November 2008 | 5 Dzulqa'dah 1429
[R. Sidang Mahkota 1 - Hotel Mahkota, Jayapura: 08.30-10.00 WIT] Menyajikan materi [1] Kebijakan Pustekkom dalam Pendayagunaan TIK untuk Pendidikan, dan [2] Permendiknas No. 38 Tahun 2008
[R. Sidang Mahkota 1 - Hotel Mahkota, Jayapura: 10.15-11.45 WIT] Menyajikan materi Optimalisasi Pemanfaatan Konten Jardiknas.
[R. Sidang Mahkota 3 - Hotel Mahkota, Jayapura: 13.00-14.30 WIT] Menyajikan dan mendiskusikan materi Tugas dan Fungsi Pengelola Jardiknas.
[R. Sidang Mahkota 3 - Hotel Mahkota, Jayapura: 14.30-15.30 WIT] Menyajikan materi Kebijakan dan Implementasi Jardiknas.
Rabu, 5 November 2008 | 6 Dzulqa'dah 1429
[GA 650: 09.40 WIT - 15.15 WIB] Penerbangan dari Bandara Sentani Jayapura Papua ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng Banten via Timika dan Denpasar.
[RE Martadinata 39: 19.00-22.00] Menyusun draft makalah "Pemanfaatan Jardiknas dalam Peningkatan TIK di Bidang Pendidikan" untuk Workshop Nasional APEC Learning Community Builders (ALCoB).
Kamis, 6 November 2008 | 7 Dzulqa'dah 1429
[R. Rapat Kapustekkom: 10.00-12.00] Membahas Amandemen Surat Perjanjian Pengadaan Jasa Sewa Bandwidth dan Kelengkapannya (No.2443/A11/PPK/2008 tanggal 4 Juli 2008).
[Universitas Terbuka, Pondok Cabe: 13.00-21.00] Mengikuti Lokakarya Penyempurnaan Model Pusat Sumber Belajar Berbasis TIK.
Jum'at-Sabtu, 7-8 November 2008 | 8-9 Dzulqa'dah 1429
[Universitas Terbuka, Pondok Cabe: 13.00-21.00] Menyempurnakan Model Pusat Sumber Belajar Berbasis TIK bersama Tim TP, TI, dan TK Pustekkom.
Model PSB Berbasis TIK di Era Konvergensi
PSB di Sekolah
Kini TIK telah memasuki era konvergensi lintas media yang merupakan unifikasi fixed-line phone, mobile phone, internet, radio brodcasting, TV brodcasting, VoIP, dan IPTV. Unifikasi (penyatuan sistem) ini cepat atau lambat akan menjadi bagian tak terpisahkan dari hal-hal yang harus difasilitasi di PSB. Konvergensi lintas media akan menempatkan PSB sebagai:
1. pusat jejaring (The Hub of Network) dimana semua infrastruktur jaringan telekomunikasi, seluler, internet, radio, dan televisi digital yang berbeda platform dapat diintegrasikan atau diunifikasi sebagai sumber pengetahuan.
2. pusat pengetahuan (The Hub of Knowledge) dimana siswa, guru dan masyarakat dapat menjangkau sumber-sumber pengetahuan lokal, regional, nasional maupun global dengan mudah, murah, aman, dan mutakhir.
3. pusat konten (The Hub of Content) dimana semua format e-book, audio book, audio digital, dan video digital pembelajaran dapat diakses/dialir/diunduh (access/stream/download) dari komputer peladen (computer server) dan penyedia konten (data storage) lokal. Melalui komputer dan perangkat penerima siaran satelit digital (digital satellite receiver) yang tersedia di PSB, maka siswa, guru dan masyakarat dapat menangkap (capture) dan merekam (record) konten pembelajaran yang disiarkan oleh radio dan televisi dari berbagai negara.
4. terminal penelitian (Research Terminal) dimana siswa dan guru dapat berkumpul bersama untuk melakukan penelitian ilmiah dan menyajikannya serta menyebarkannya (upload) melalui sumber daya komputasi, informasi, telekomunikasi, dan media yang tersedia.
5. sudut Inggris (English Corner/Booth) dimana siswa dan guru dapat membiasakan diri berkonversasi dan berekspresi bebas serta menyenangkan dengan Bahasa Inggris melalui bantuan sumber daya yang tersedia.
Hal lain yang tidak kalah penting adalah Rencana Tindak Pemanfaatan, Optimalisasi dan Sustainabilitas PSB. Melalui rencana tindak (action plan) diharapkan utilitas PSB yang tinggi dapat mendorong tumbuhnya iklim belajar yang menyenangkan, meningkatkan prestasi belajar siswa dan mutu kinerja riset guru di sekolah tersebut.
PSB sebagai Portal di Internet
Portal PSB dapat berperan sebagai integrator, administrator dan moderator bagi PSB-PSB yang dikembangkan di sekolah. Komputer Server di semua PSB dapat didedikasikan secara teknis ke server induk Portal PSB di Data Center Jardiknas Pustekkom Depdiknas.
Integrator Portal PSB secara teknis dan berkala dapat menyatukan dan memutakhirkan konten seluruh server di PSB-PSB Sekolah yang terkoneksi dan berdedikasi via intranet Jardiknas. Sebaliknya Portal PSB juga dapat menerima konten yang dikembangkan oleh PSB-PSB Sekolah yang berada di lingkup dan jangkauan intranet Jardiknas.
Administrator Portal PSB secara organisatoris bertugas mengelola, mengamankan dan mendokumentasikan lalu-lintas akses jejaring, pangkalan konten (data) dan sistem layanan di Portal PSB agar siswa, guru dan masyarakat dapat menikmati seluruh konten pembelajaran kapan saja dan dimana saja.
Moderator Portal PSB - sebaiknya merupakan tim yang anggotanya bertanggung jawab kepada masing-masing aplikasi yang ditanganinya - akan sering berinteraksi secara virtual dengan siswa, guru dan masyarakat pengakses Portal PSB, oleh karena itu – selain kecakapan komunikasi yang lugas, jelas dan tegas – seorang moderator harus benar-benar menguasai aplikasi berikut konten yang terkait dengannya.
Era konvergensi media memungkinkan internet diakses melalui gadget seperti Handphone, Smartphone dan PDA. Untuk itu perlu diperhitungkan secara teknis agar aplikasi dan konten yang tersedia di Portal PSB juga dapat diakses secara mudah melalui nirkabel gadget tersebut.
Bandara Internasional Ngurah Rai
Senin, 3 November 2008
Transit menuju Timiki-Jayapura..
Rabu, Oktober 29, 2008
Jurnal-ku: Minggu LXXII (10.2008)
Minggu, 26 Oktober 2008 | 26 Syawwal 1429
[RE Martadinata 39: 18.00-22.00] Menyusun dan mem-posting draft makalah "Cetak Biru Kebijakan Pengembangan TI dalam Pembangunan Pendidikan Nasional".
Senin, 27 Oktober 2008 | 27 Syawwal 1429
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 09.00-13.00] Meng-update Program Implementasi IGOS di: [1] Pustekkom dan Depdiknas Pusat tahun 2008, [2] Dinas-dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota tahun 2009, dan [3] Sekolah-sekolah tahun 2010.
[R. Rapat Grha Tama Pustekkom L-2: 14.30-17.30] Membahas perkembangan implementasi program SchoolNet 2008 bersama Tim Enterprise Service Division PT Telkom, disepakati revisi target pertahapan dari 5000 sekolah perbulan menjadi 4000 sekolah di Tahap I (Oktober 2008), 7000 sekolah di Tahap II (November 2008) dan 4000 sekolah di Tahap III (Desember 2008).
Selasa, 28 Oktober 2008 | 28 Syawwal 1429
[R. Rapat Bidang TP: 09.30-13.30] Bersama Tim TI dan TP membahas rencana serta strategi Monev Implementasi Program Jardiknas Zona Kantor, Zona Perguruan Tinggi, Zona Sekolah, dan Interkoneksi Server Penyedia Konten Pembelajaran 2008 di 33 provinsi.
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 14.00-15.30] Menyusun matriks Monitoring & Evaluasi Jardiknas (Zona Kantor, Zona Perguruan Tinggi dan Zona Sekolah) di 33 Provinsi tahun 2008.
[Gedung Pawayangan, Ruang Kautaman: 19.30-23.30] Bersama undangan Pustekkom Depdiknas menyaksikan babak semi final dan grand final KiHajar 2008 sekaligus penyerahan award untuk para pemenang [1] KiHajar Award 2008 dan [2] e-Learning Award 2008.
Rabu, 29 Oktober 2008 | 29 Syawwal 1429
[R. Rapat Depkominfo L-2: 10.00-12] Menghadiri workshop The 2nd Indonesia MCIT-KISDI-SKT Joint Study on the Indonesia ICT Policy. Materi pembahasan: [1] Mid-term Report on Telecomunication Policy disajikan oleh Mr. Changwan Kim, Research Fellow of KISDI, [2] Mid-term Report on ICT Industrial Policy disajikan oleh Mr. Sangwon Ko, Executive Director, Division of Convergence and Future Strategy Research of KISDI. MCIT = Ministry of Communication and Information Technology | KISDI = Korea Information Society Development Institute | SKT = SK Telecom.
[R. Rapat Bidang TK: 16.30-17.30] Bersama Kabid TK, Staf TI dan Mr. Christian Duncumb (Director English & Education Reform, British Council) membahas rencana kemitraan Pelatihan Guru Bahasa Inggris SD, SMP dan SMA/SMK melalui web TeachingEnglish [www.teachingenglish.org.uk] serta sosialisasi pemanfaatan web LearnEnglish [www.learnenglish.org.uk] untuk siswa SD, SMP dan SMA/SMK.
Kamis, 30 Oktober 2008 | 1 Dzulqa'dah 1429
[R. Rapat BPPT Gedung II Lantai 21: 09.00-12.00] Menghadiri rapat persiapan Implementasi Program Kolaboratif e-Development di Daerah bersama jajaran KNRT, Depkominfo, Kementerian Pemberdayaan & Perempuan, Depperind, PTIK, dan BPPT.
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 14.30-16.00] Menyusun draft surat dan lampiran edaran Kapustekkom tentang Revitalisasi dan Instalasi SchoolNet Tahap II.
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 16.00-18.00] Membuat presentasi Cetak Biru Kebijakan Pengembangan TI dalam Pembangunan Pendidikan Nasional dengan OpenOffice Impress.
Jum'at, 31 Oktober 2008 | 2 Dzulqa'dah 1429
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 08.00-11.00] Menyusun draft makalah "Kondisi, Kesiapan dan Permasalahan e-Education di Indonesia".
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 14.00-18.00] Membuat draft presentasi "Kondisi, Kesiapan dan Permasalahan e-Education di Indonesia".
Untuk Salsa-ku: jangan sulit mengaku cinta :)
Acha & Irwansyah | Ada Cinta
::
ucapkanlah kasih satu kata yang ku nantikan
sebab ku tak mampu membaca matamu
mendengar bisikmu
nyanyikanlah kasih senandung kata hatimu
sebab ku tak sanggup mengartikan getar ini
sebab ku meragu pada dirimu
reff:
mengapa berat ungkapkan cinta
padahal ia ada
dalam rinai hujan
dalam terang bulan
juga dalam sedu sedan
mengapa sulit mengaku cinta
padahal ia terasa
dalam rindu dendam
hening malam
cinta terasa ada
nyanyikanlah kasih senandung kata hatimu
sebab ku tak sanggup mengartikan getar ini
sebab ku meragu pada dirimu
::
untuk putriku nan cantik dan belia
jangan berat ungkapkan cinta
jika cinta itu (memang) ada
dan (telah) bersemi dihatimu
love,
Papah
Selasa, Oktober 21, 2008
Jurnal-ku: Minggu LXXI (10.2008)
From Denpasar to Banjarmasin..
[19.10.2008: 22.20 WITa-22.30 WIB] Terbang dari Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar menuju Bandara Internasional Juanda Sidoarjo dengan Mandala RI-563 --- [20.10.2008: 11.00-12.20 WIB] Terbang dari Bandara Internasional Juanda Sidoarjo menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng dengan Garuda Indonesia GA 313 --- [20.10.2008: 14.40 WIB-17.00 WITa] Terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng menuju Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin dengan Garuda Indonesia GA-534... alhamdulillah, ini kunjungan kali perdanaku di Kota Banjarmasin.
Senin, 20 Oktober 2008 | 20 Syawwal 1429
[R. Manggala, Hotel Pesona, Banjarmasin: 20.00-22.00 WITa] Mendampingi Kabid TK (Teknologi Komunikasi) Pustekkom dalam Pembukaan Workshop Koordinasi, Sosialisasi, Orientasi, dan Pelatihan Teknis Pengelolaan Jardiknas (+TVE) Provinsi Kalimantan Selatan yang dihadiri oleh Tim Pengelola Jardiknas Provinsi Kalimantan Selatan dan 13 Tim Pengelola Jardiknas Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalimantan Selatan.
Selasa, 21 Oktober 2008 | 21 Syawwal 1429
[R. Manggala, Hotel Pesona, Banjarmasin: 08.30-10.00 WITa] Mendampingi Kabid TK Pustekkom menyajikan materi "Pemanfaatan Konten Jardiknas".
[R. Manggala, Hotel Pesona, Banjarmasin: 10.30-12.00 WITa] Menyajikan menyajikan materi "Implementasi Jardiknas".
[R. Manggala, Hotel Pesona, Banjarmasin: 13.30-15.00 WITa] Menyajikan materi "Tugas dan Fungsi Pengelola Jardiknas".
[R. Manggala, Hotel Pesona, Banjarmasin: 15.30-17.00 WITa] Menyajikan materi "Penyusunan Action Plan (Rencana Tindak) Pemanfaatan Jardiknas".
[R. Manggala, Hotel Pesona, Banjarmasin: 19.00-20.30 WITa] Mendampingi Penanggung jawab dan Koordinator Pengelola Jardiknas Kabupaten/Kota dalam menyusun "Action Plan (Rencana Tindak) Pemanfaatan Jardiknas 2009" masing-masing kabupaten/kota.
Rabu, 22 Oktober 2008 | 22 Syawwal 1429
[SMKN 4 Banjarmasin: 10.45-13.15 WITa] Meninjau kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas RPL dan fasilitas SMKN 2 Banjarmasin.
[SMKN 2 Banjarmasin: 13.30-16.15 WITa] Meninjau infrastruktur ICT Center Kota Banjarmasin (node Jardiknas) dan mendiskusikan prospek tamatan TKJ dan Multimedia serta Teknik Penyiaran Radio & Televisi (broadcasting) di Kalimantan Selatan dengan Wakasek urusan Humas dan Tim ICT Center Kota Banjarmasin.
Kamis, 23 Oktober 2008 | 23 Syawwal 1429
[R. Call Center Jardiknas: 09.45-10.15 WIB] Mem-briefing Tim Call Center khusus SchoolNet 2008 (Ade, Andhin, Dita, Ernawati, dan Ririn) untuk prosedur operasi standar (POS) investigasi implementasi SchoolNet Tahap I (September 2008) oleh PT Telkom.
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 10.45-14.30 WIB] Menyusun uraian tugas dan formasi staf Bidang TI Pustekkom: (1) Subbid Infrastruktur, (2) Subbid Aplikasi dan Konten, (3) Subbid Pendidikan dan Pelatihan, dan (4) Subbid Pengadaan dan Inventarisasi.
[R. Rapat Kapustekkom: 15.45-16.45 WIB] Mendiskusikan offisionalisasi dan penambahan fitur web jardiknas.depdiknas.go.id sebagai portal resmi Jardiknas.
Jum'at, 24 Oktober 2008 | 24 Syawwal 1429
[Kubik-ku @ Bidang TI Pustekkom: 08.00-11.30 WIB] Menyiapkan fitur dan konten mutakhir untuk web Jardiknas bersama Tim Web Jardiknas.
[R. Rapat Grha Tama Pustekkom: 14.00-16.00 WIB] Membahas Master Plan TIK Departemen Pendidikan Nasional (2009-2013) bersama Tim Daya Makara UI.
Mochtar Lubis: Ciri-ciri Manusia Indonesia > Tantangan Pendidikan (Budi Pekerti) Nasional
Mochtar Lubis
Ceramah budaya berjudul "Manusia Indonesia" yang dilisankan oleh Mochtar Lubis pada tahun 1977 dan dibukukan dengan judul "Manusia Indonesia" oleh Yayasan Obor Indonesia tahun 2001 ini masih aktual hingga kini, tugas setiap pendidik di negeri ini untuk membalik kondisi menjadi lebih baik dan bermartabat di mata dunia dan peradaban yang menjunjung tingi nilai-nilai etika dan moral.
::
Menurut Mochtar,
Ciri pertama manusia Indonesia, hipokrisi atau munafik.
Di depan umum kita mengecam kehidupan seks terbuka atau setengah terbuka, tapi kita membuka tempat mandi uap, tempat pijat, dan melindungi prostitusi. Banyak yang pura-pura alim, tapi begitu sampai di luar negeri lantas mencari nightclub dan pesan perempuan kepada bellboy hotel. Dia mengutuk dan memaki-maki korupsi, tapi dia sendiri seorang koruptor. Kemunafikan manusia Indonesia juga terlihat dari sikap asal bapak senang (ABS) dengan tujuan untuk survive.
Ciri kedua manusia Indonesia, segan dan enggan bertanggung jawab atas perbuatannya.
Atasan menggeser tanggung jawab atas kesalahan kepada bawahan dan bawahan menggeser kepada yang lebih bawah lagi. Menghadapi sikap ini, bawahan dapat cepat membela diri dengan mengatakan, ”Saya hanya melaksanakan perintah atasan.”
Ciri ketiga manusia Indonesia berjiwa feodal.
Sikap feodal dapat dilihat dalam tata cara upacara resmi kenegaraan, dalam hubungan organisasi kepegawaian. Istri komandan atau istri menteri otomatis menjadi ketua, tak peduli kurang cakap atau tak punya bakat memimpin. Akibat jiwa feodal ini, yang berkuasa tidak suka mendengar kritik dan bawahan amat segan melontarkan kritik terhadap atasan.
Ciri keempat manusia Indonesia, masih percaya takhayul.
Manusia Indonesia percaya gunung, pantai, pohon, patung, dan keris mempunyai kekuatan gaib. Percaya manusia harus mengatur hubungan khusus dengan ini semua untuk menyenangkan ”mereka” agar jangan memusuhi manusia, termasuk memberi sesajen. ”Kemudian kita membuat mantra dan semboyan baru, Tritura, Ampera, Orde Baru, the rule of law, pemberantasan korupsi, kemakmuran yang adil dan merata, insan pembangunan,” ujar Mochtar Lubis. Dia melanjutkan kritiknya, ”Sekarang kita membikin takhayul dari berbagai wujud dunia modern. Modernisasi satu takhayul baru, juga pembangunan ekonomi. Model dari negeri industri maju menjadi takhayul dan lambang baru, dengan segala mantranya yang dirumuskan dengan kenaikan GNP atau GDP.”
Ciri kelima, manusia Indonesia artistik.
Karena dekat dengan alam, manusia Indonesia hidup lebih banyak dengan naluri, dengan perasaan sensualnya, dan semua ini mengembangkan daya artistik yang dituangkan dalam ciptaan serta kerajinan artistik yang indah.
Ciri lainnya, manusia Indonesia tidak hemat, boros, serta senang berpakaian bagus dan berpesta.
Dia lebih suka tidak bekerja keras, kecuali terpaksa. Ia ingin menjadi miliuner seketika, bila perlu dengan memalsukan atau membeli gelar sarjana supaya dapat pangkat. Manusia Indonesia cenderung kurang sabar, tukang menggerutu, dan cepat dengki. Gampang senang dan bangga pada hal-hal yang hampa. Kita, menurut Mochtar Lubis, juga bisa kejam, mengamuk, membunuh, berkhianat, membakar, dan dengki. Sifat buruk lain adalah kita cenderung bermalas-malas akibat alam kita yang murah hati.
Selain menelanjangi yang buruk, pendiri harian Indonesia Raya itu tak lupa mengemukakan sifat yang baik. Misalnya, masih kuatnya ikatan saling tolong. Manusia Indonesia pada dasarnya berhati lembut, suka damai, punya rasa humor, serta dapat tertawa dalam penderitaan. Manusia Indonesia juga cepat belajar dan punya otak encer serta mudah dilatih keterampilan. Selain itu, punya ikatan kekeluargaan yang mesra serta penyabar.
::
Perjuangan pendidikan belum selesai karena ciri-ciri Manusia Indonesia tersebut berurat akar dan berterima secara masif dan permisif. Satu-satu cara mengawalinya adalah dari diri kita sendiri, berubahlah sekarang juga dengan latihan dan penuh kesabaran..
::
Dari tepian Sungai Martapura, 21 Oktober 2008
Langganan:
Postingan (Atom)